Jangan mencari kawan yang membuat engkau merasa nyaman, tetapi carilah teman yang memaksamu untuk terus berkembang [Thomas J. Watson, Pendiri IBM]

Kamis, 14 Mei 2009

AMAL JAMA’I (GERAKAN BERSAMA)

PENTINGNYA GERAKAN BERSAMA
“Dan hendaklah ada diantara kamu segolongan umat yang menyeri pada kebaikan, menyuruh kepada yang ma’ruf dan mencegah dari yang munkar, merekalah orang-orang yang beruntung.” (Ali Imran:104)
Dalam ayat tersebut Allah mengisyaratkan tentang wajibnya melaksanakan da’wah secara bersama-sama (berjama’ah) atau melaksanakan aktifitas bersama (amal jama’i).



PENTINGNYA GERAKAN BERSAMA
“Dan hendaklah ada diantara kamu segolongan umat yang menyeri pada kebaikan, menyuruh kepada yang ma’ruf dan mencegah dari yang munkar, merekalah orang-orang yang beruntung.” (Ali Imran:104)
Dalam ayat tersebut Allah mengisyaratkan tentang wajibnya melaksanakan da’wah secara bersama-sama (berjama’ah) atau melaksanakan aktifitas bersama (amal jama’i).

PENGERTIAN DAN CIRI-CIRI GERAKAN BERSAMA
Gerakan adalah kegiatan yang merupaan produk suatu keputusan jama’ah yang selaras dengan manhaj (sistem) yang telah ditentukan bersama, bertujuan untuk mencapai tujuan tertentu. Ciri-ciri gerakan bersama:
• Aktivis yang akan dijalankan harus bersumber dari keputusan atau persetujuan jama’ah.
• Jama’ah yang dimaksud, harus mempunyai anggarann dasar dan kepengurusan yang tersusun rapi.
• Setiap tindakan dan akivitasnya harus sesuai dengan dasar dan strategi atau pendekatan yang telah digariskan oleh jama’ah.
• Seluruh tindakannya harus bertujuan untuk mencapai cita-cita yang telah ditetapkan bersama.

Aktivitas yang diputuskan oleh jamaah atau organisasi
Aktivitas yaitu semua kegiatan yang dilaksanakan untuk kepentingan umum dan kegiatan khusus untuk para anggota yang dianggap sebagai dasar permulaan bagi pembentukan kader organisasi untuk menjalankan kegiatanumum ditengah-tengah masyarakat. Contoh kegiatan-kegiatan umum:
- Berkhutbah
- Berda’wah secara umum
- Menertibkan brosur-brosur dan selebaran umum.
- Mengadakan pertemuan-pertemuan umum dan kegiatan-kegiatan lain yang dibenarkan oleh hukum islam.
Dalam konteks gerakan bersama, tindakan yang diambil oleh setiap anggota harus berada dalam batas-batas syar’i, dan dalam menjalankan aktivitas harus dilandaskan pada keikhlasan karena mencari kerihdhaan Allah semata.

Ciri-ciri organisasi gerakan yang rapi
Syarat mutlak bagi organisasi yang bergerak dalam aktivitas islami adalah harus mempunyai sistem organisasi yng lengkap dan kepemimpinan yang gesit. Hasan al Banna, dalam merumuskan masalah ini pernah menyimpulkan bahwa gerakan da’wah ikhwanul muslimin tegak diatas dasar “pengorganisasian yang rapi, iman yang teguh, dan jihad yang lestari”.
Ada 2 faktor mengapa ikhwanul muslimin mengutamakan organisasi yang punya peraturan dan pengorganisasian yang rapi, yaitu:
- Pengorganisasian dan pengelolaan organisasi yang rapi merupakan satu syarat terpenting untuk mensukseskan cita-cita perjuanagn organisasi.
- Jama’ah yang terorganisasi rapi adalah karena islam telah mewajibkan kepada umatnya supaya berperaturan dalam segala hal untuk mencari posisi yang lebih sempurna dan berguna.
Sebagai manifestasi ciri-ciri pengorganisasian yang paling jelas dan perlu mendapat perhatian yaitu:
- Bekerja keras, serius, gigih dan potensial dalam menjalankan seluruh tugas gerakan.
- Manajemen yang rapi dan sistematik , serta disiplin yang tinggi ala militer.
- Petunjuk pelaksanaan kerja yang jelas.
- Pembagian tanggung jawab yang jelas bagi masing-masing pimpinan,
- Menentukan sistem komunikasi anggota dan pimpinan yang bertanggung jawab di masing-masing peringkat kepemimpinan.
- Komitmen penuh dengan apa yang telah ditetapkan oleh jamaah melalui pihak-pihak yng bertanggung jawab terhadapnya.
Ciri-ciri lain dari organisasi islam yang lebih baik dari disiplin militer:
- Organisasi gerakan islam ditegakkan di atas nilai keagamaan (karena Allah semata)
- Kesetiaan dan kepatuhan terpancar dari dalam anggota-anggota sendiri, tidak ada paksaan dan tekanan dari luar
- Hakikat kepemimpinan bukan bertujuan untuk kepentingan pihak pimpinan tetapi semata-mata untuk kepentingan Islam.

Ketentuan, ciri-ciri, prinsip dasar dan sistem gerakan.
1. Wasilah dakwah
Tidak boleh bertentangan dengan hukum islam.
2. Marhalah dakwah
Adalah kerangka dasar dan startegi jama’ah dengan melalui pengkajian yang mendalam tentang sejauhmana kekuatan dan kemampuan jamaah.
Ciri-ciri dalam menyusun strategi di peringkat permulaan pembentukan atau perjalanan dakwah:
Ø Menanam dan memupuk kesadaran islam yang kuat pada diri anggota kaum muslimin.
Ø Memperbanyak jumlah anggota, pendukung atau simpatisan sebelum melancarkan tindakan yang perlu diambil. Disamping perlunya membentuk kader-kader ini sebagai pasukan berani mati.
Beberapa garis panduan umum yang dapat digunakan dalam menentukan masalah gerakan terbuka atau tertutup:
Ø Menentukan sikap bergerak secara rahasia merupakan keharusan, bahkan kewjiban bagi suatu gerakan yang msih berada dalam taraf permulaan atau taraf pembentukan anggota, atau dalam kondisi di mana sepeluruh potensi kekutan dikerahkan untuk memperkuat posisi, merapikan manajemen organisasi dan mempebanyak anggota jama’ah
Ø Masa bergerak secara rahasiaini tergantung kepada posisi, dan kewibawaan jama’ah serta kondisi di sekitar jamaah atau organisasi.
Ø Tidak ada ketentuan serta batas waktu bergerak secara rahasia.
Ø Yang dimkasudkan kerhasiaan disini adalah, hendaknya para anggota jamaah tidak memperkenalkan diri terhadap kedudukan mereka dalam organisasi secara terbuka.
3. Maudhu’ dakwah (tema dakwah)
Tema atau maudhu’ da’wah adalah mengenai totalitas ajaran islam. Diantara yan terpenting ialah yang menyangkut keimanan kepada Allah, Rasulullah (yang meliputi segala perbuatan, perkataan dan ketetapannya) dan beriman kepada hari akhir.
4. Kaifiyat dakwah (metode pendekatan dakwah)
a. Dakwah fardiyah dan pendekatan pribadi.
b. Penyampaian buku-buku
c. Ceramah-ceramah
d. Berkomunikasi dengan ahli ibadah
e. Akhlaq da’i

Ciri-ciri tujuan perjuangan gerakan bersama
1. Cita-cita gerakan ikhwanul muslimin ialah ingin mewujudkan apa-apa yang di tuntu oleh islam itu sendiri. Termasuk didalamnya tujuan yang dikehendaki oleh islam:
Ø Menegakkan pemerintahan islam
Ø Mewujudkan sebuah masyarakat islam.
Ø Melaksanakan hukum-hukum Allah
Ø Memperbaiki, membimbing ke arah hidayah dan menyelamatkan pribadi dari segala kesesatan.
2. Untuk melaksanakan apa yang dituntut islam secara lengkap, meyeluruh dan efektif diperlukan adanya negara islam yang orisinil. Usaha-usaha yang dapat dilakukan untuk menegakkan negara Islam seperti memberantas kemunkaran dalam masyarakat, memabantu pekarjaan yang baik (membangun masjid, menolong fakir miskin dsb).
3. Seorang anggota yang bekerja dan berkecimpung dalam bidang pendidikan pribadi-pribadi dalam masyarakat tidak boleh dikecam, sebab membimbing individu dalam masyarakat merupaka tuntutan Islam pula.
4. Usaha pemberantasan kemungkaran di dalam masyarakat bertujuan untuk menolong seluruh masyarakat supaya melihat kebenaran dakwah dan membina suatu kondisi yang sesuai dalah usaha menyebarkan bibit-bibit orang yang dapat menerima dakwah.
5. Tolong meolong dalam hal kebaikan juga merupakan tuntutan dalam Islam.
6. Pemikirn di atas hanya teori, tetapi bila hendak di praktekkan harus memperhatikan hal-hal berikut:
a. Karena ada keterbatasan waktu dan kemampuan, aktivitas-aktivitas diprioritaskan pada kegiatan yang vital dan yang lebih mempercepat poses pencapaian tujuan utama jamah.
b. Jangan dialaikan masalah yang bersifat sosial kebajikan yang bersifat sosial saja sehingga merusak aktivitas utama (menegakkan negara Islam)
c. Diperbolehkan meninggalkan beberapa aktivitas sosial atau usaha-usaha lain yang dikehendaki juga oleh Islam.
7. Berdasarkan hal diatas maka terdapat beberapa kondisi tertentu dimana jamaah ikhwan mengambil sikap negatif dalam beberapa kasus temporal. Menghadapai hal semacam itu setiap anggota harus bersikap seperti pucuk pimpinan yang menilai masalah secara menyeluruh.
8. Sikap yang diambil oleh pucuk pimpinan kadang-kadng menimbulkan perasaan tidak puas di kalangan beberapa anggota

KONTINUITAS GERAKAN BERSAMA
1. Gerakan bersama akan mendatangkan hasil serta dapat mencpai tujuan dan cita-citanya apabila kegiatannya kontinue.
2. Kegiatan kontinue menjadi syarat penting sebelum jamah dapat mencapai tujuannya.

PERLUNYA KEMANTAPAN ORGANISASI
1. Gerakan bersama yang kontinue bergantung pada keutuhan dan kemantapan organisasi tanpa ada keretakan dan perpecahan.
2. Gerakan bersama dapat kontinue apabila mampu mempertahankan semangat anggotanya ke tahap yang paling tinggi dan kuat.
3. Persatuan, disiplin, mangta serta ketahanan anggota merupakan faktor terpenting bagi kontinuitas gerakan bersama.
4. Persoalan teakhir yaitu cara menjaga persatuan, keutuhan organisasi, melestarikan disiplin, dan semangat serta ketahanan anggota jamaah.
FAKTOR-FAKTOR TERWUJUDNYA KETAHANAN ORGANISASI
1. Adanya keyakinan pertolongan dari Allah agar ketahanan organisasi tetap terjaga walaupun susah.
2. Jika ada bencana, dan sudah diketahui dengan pasti sumber bencananya, maka harus selalu waspada dan mengambil lengkah-langkah pengamanan, serta dengan cepat memberantas sumber bencana sebelum menular.

ANCAMAN YANG DAPAT MENGHANCURKAN ORGANISASI
Ancaman external
1. Adanya perlwanan dari masyarakat yang fasiq.
2. Perlawanan kadang juga mengikutsertakan pihak-pihak yang berkuasa dalam pemerintaha sehingga jumlah perlawanan tidak seimbang.
3. Dalam mengkaji dan menyusun strategi menghindari bahaya haru teliti dan objektif.
4. Dalam menetuka khittah dan strategi tergantung pada sejauh mana kerusakan yang ada dan sejauh mana kekuatan organisasi serta di tahap mana organisasi itu berada.
5. Dalam menilai organisasi secara menyeluruh dan mengukur sejauh mana kekuatan serta kondisi sekeliling, tidak dapat didasarkan pada pandangan dan pendapat anggota.
6. Ketentuan penialian dan pengukurn pada umumnya bersandar pada kedaan, situasi, tempat, kewibawaan pimpinan, pengalaman dan pengetahuan yang dimilikinya.
7. Membuat penialaian dan perhitungan yang tepat pada setiap permasalahan buakanlah hal yang mudah.

CARA-CARA MENGHINDARI ANCAMAN
1. Kerahasiaan dalam bergerak
2. Kerahasiaan dalam pengorganisasian
3. Kerahasiaan dalam pimpinan

ANCAMAN INTERNAL
1. Adanya perpecahan, krisis dalam organisasi dan gejala-gejala yang dapat mengakibatkan kehancuran yang bersumber pada jamaah itu sendiri.
2. Bahaya ini tidak datang secara serentak, tapi pada umunya beangsur-angsur.
3. Masalah ini menghendaki adanya kewaspadaan yang tinggi dan harus diambil langkah-langkah pencegahannya.

FAKTOR-FAKTOR ANCAMAN INTERNAL
Faktor-faktor yang menyebabkan rusaknya jamaah dari dalam banyak sekali yang terpenting adalah seperti berikut:
1. Pandangan dan asal-usul
2. Kepatuhan kepada pimpinan dalam hal yang baik

PENGAMANAN DARI ANASIR-ANASIR PERUSAK JAMAAH
Ketentuan pertama
Setiap perkataan yang diucapkan dan tindakan yang dilakukan oleh anggota yang brtentangan dengan prinsip-prinsip jamaah dan menyalahi konsep-konsep dakwah islamiyah serta bertentangan dengan konstitusi organisasi, dianggap salah dan anggota tersebut harus mempertanggungajawabkannya.

Ketentuan kedua
Kedudukan seorang anggota menurut penilain jamaah didasarkan pada tingkat kemampuan pemahamnnya.

KEBOSANAN DAN KEMALASAN DA’I
Untuk penyakit feustasi, lemah semangat, malas, lesu dan bosan diperlukan pengobatan sebagai berikut:
1. Menyerahkan diri sepenuhnya kepada Allah dengan disertai rasa tunduk dan sujud, menghidupkan hatinya dengan keimanan seraya memohon kepada Allah agar ditetapkan dalam perjuangan dakwah.
2. Biasakan diri mengingat mati dan memikirkan tentang mati.
3. Apabila seorang anggota dihinggapi penyakit bosan dan frustasi, maka peliharalah lidahnya dan perbanyak dzikir.
4. Jika seorang anggota meraskan suatu kebosanan dan kelemahan dalam bergerak, maka bersegeralah melakukan amalamn-amalan taqwa bagi dirinya.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Mengenai Saya

Foto saya
Trenggalek, Jawa Timur, Indonesia
Seorang Mahasiswi dengan Prodi Pendidikan Teknik Informatika, Jurusan Teknik Elektro, Universitas Negeri Malang, Seperti kebanyakan orang, hobiku membaca, makanya aku juga hobi banget koleksi buku. selain baca,aku juga hobi banget maen game. Bagi yang mo tahu lebih banyak tentang aku silakan kirim email ke vie218@gmail.com

It's Vie Zone.... Copyright © 2009 Gadget Blog is Designed by Ipietoon Sponsored by Online Business Journal